RSS

Download file makalah karya ilmiah

02 Des

PEMBAHASAN MATERI
KARYA ILMIAH
A. Pengertian
Karya ilmiah atau kerangka ilmiah yaitu kerangka yang berisi permasalahan yang dikaji dengan metode ilmiah berdasarkan atas dasar fakta, bersifat objektif, tidak bersifat emosional personal logis (Soeparno,1997). Karya ilmiah juga dapat diartikan tulisan tentang ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar, fakta tersebut dapat berasal dari pengamatan, uji laboratorium, studi pustaka, penyebaran angket, dan lain-lain.
Dari dasar pengertian tersebut dapat ditemukan dua hal pokok dalam karya ilmiah, yaitu harus mengandung unsur kebenaran yang objektif sesuai dengan data dan fakta yang ditemukan di lapangan serta karya ilmiah ditulis dengan kaidah penulisan karya ilmiah yang berlaku.

B. Teknik Pengumpulan Data
Teknik yang digunakan pada pembuatan karya ilmiah adalah sebagai berikut :
1. Observasi
Observasi adalah pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan dan pencatatan dengan sistematis terhadap fenomena-fenomena yang diselidiki. Selain itu, observasi adalah Penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan terhadap obyek baik secara langsung maupun tidak langsung.
2. Wawancara
Wawancara dalam penelitian adalah suatu proses tanya jawab lisan, dengan dua orang atau lebih saling berhadapan fisik, yaitu satu dapat melihat muka yang lain dan mendengarkan dengan telinga sendiri suaranya.
Ciri utama dari interview adalah kontak langsung dengan tatap muka (face to face relationship) antara si pencari informasi dengan sumber informasi.
3. Penyebaran Angket
Penyebaran angket dalam penelitian adalah teknik pengumpulan data dengan cara memberikan sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden.
4. Dokumentasi
Dokumentasi dalam penelitian adalah mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, buku-buku, surat kabar, majalah, agenda, internet dan lain-lain.
5. Tes
Tes adalah serentetan pertanyaan atau pelatihan yang digunkan untuk mengukur kompetensi dan performasi seseorang, misalnya tingkat intelegen, prestasi dan sikap.

C. Sumber-sumber Data
Sumber – sumber yang digunakan dalam pembuatan karya ilmiah adalah sebagai berikut :
1. Buku-buku
Buku adalah jendela dunia, tanpa buku kita tidak bisa meraih pengetahuan-pengetahuan yang ada di dunia. Dengan buku, peneliti dapat mencari informasi yang banyak, apa yang harus digunakan dalam penelitian, kata-kata yang asing yang belum pernah didengar, dan pengetahuan-pengetahuan lainnya.
2. Responden
Responden adalah sekumpulan orang yang diminta pendapatnya untuk memperoleh hasil yang akurat yang digunakan dalam pembuatan karya ilmiah, biasanya responden diperlukan ketika kita menggunakan teknik wawancara, angket dan tes.

3. Catatan hasil pengamatan
Catatan hasil pengamatan perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik, catatan hasil pengamatan dapat didapat ketika peneliti mengamati sesuatu, dari pengamatan tersebut didapat sebuah kesimpulan yang obyektif dan kesimpulan tersebut dinamakan catatan hasil penelitian.
4. Surat-surat
Surat-surat yang dimaksud dalam pembuatan karya ilmiah ini adalah majalah, buku, surat kabar, buku harian dan dokumen yang menyangkut masalah yang diteliti.

D. Ragam Karya Ilmiah
Karya ilmiah kali ini terbagi menjadi 2 yaitu karya ilmiah popoler dan karya ilmiah murni.
1. Karya ilmiah popular
Karya ilmiah populer merupakan salah satu ragam karya ilmiah. Berdasarkan bentuk penyajiannya, karya ilmiah populer dapat digolongkan menjadi empat, yaitu :
a. Tajuk Rencana
Tajuk rencana dapat disebut sebagai induk artikel.
b. Esai
Esai adalah karya ilmiah populer yang berisi kupasan terhadap suatu masalah
c. Opini
Opini yaitu pikiran atau pendapat pembaca.
d. Ulasan
Ulasan merupakan karya ilmiah populer yang berisi komentar terhadap suatu gagasan atau pendapat orang lain, peristiwa, esai, artikel berita, buku dan lain-lain

2. Karya ilmiah murni
Karya ilmiah murni pada dasarnya ditujukan untuk akademisi dan ilmuwan. Berdasarkan tingkat akademisnya, karya ilmiah dapat dibedakan menjadi lima macam, yaitu :
a. Laporan
Laporan adalah tulisan yang dibuat setelah melakukan pengamatan, kunjungan, percobaan dan lain sebagainya.
b. Makalah
Sering disebut juga paper atau kertas kerja.
c. Skripsi
Karya ilmiah yang merupakan persyaratan akademis untuk memperoleh gelar sarjana strata satu (S-1).
d. Tesis
Merupakan karya ilmiah yang ditulis mahasiswa S-2 atau strata dua untuk memperoleh gelar master atau magister.
e. Disertasi
Merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa strata tiga untuk memperoleh gelar doktor.

E. Sistematika Penulisan
Makalah
1. Bagian Judul :
– Halaman Judul
– Kata Pengantar
– Daftar Isi
2. Bagian Pokok :
a. Pendahuluan,
meliputi :
– Latar Belakang
– Permasalahan
– Tujuan
b. Kerangka Teoritis
c. Pembahasan
d. Kesimpulan dan Saran
3. Bagian Akhir :
a. Referensi
b. Lampiran
Karya Ilmiah
1. Bagian Judul :
– Halaman Judul
– Halaman pengesahan
– Kata Pengantar
– Daftar Isi
– Daftar Tabel (jika ada)
– Daftar Gambar (jika ada)
– Abstrak
2. Bagian Pokok :
a. Pendahuluan, meliputi :
– Latar Belakang Masalah
– Rumusan Masalah
– Tujuan Penelitian
– Manfaat Penelitian
b. Kerangka Teoritis dan Hipotesis
c. Metode Penelitian
d. Pembahasan
– Penyajian Data
– Analisis Data
– Pengujian Hipotesis
e. Penutup
– Kesimpulan
– Implikasi
– Saran
F. Teknik Penulisan
1. Penggunaan kertas
Kertas yang lazim dipakai adalah kertas HVS berwarna putih, berat 80 gram, dan berukuran kwarto (21,5 X 28 cm). Naskah hanya ditulisi pada satu sisi kertas atau tidak boleh bolak-balik. Hanya untuk kepentingan khusus, misalnya penulisan tabel, grafik atau gambar dapat menggunakan kertas ukuran, warna dan jenis tertentu. Sampul naskah umumnya berbeda dengan kertas isinya.
2. Teknik pengetikan
Naskah umumnya diketik dengan hurus standar. Dalam kemajuan teknonologi kali ini, huruf standar menggunakan Times New Roman, Book Antiqua dan sejenisnya dengan ukuran 12. Batas tepi pengetikan ummnya menggunakan ketentuan :
a. Tepi atas : 4 cm
b. Tepi bawah : 3 cm
c. Tepi kiri : 4 cm
d. Tepi kanan : 3 cm

G. Kaidah Penulisan
1. Penomoran
Penomoran yang lazim digunakan dalam karya ilmiah adalah angka romawi kecil (i, ii, iii, iv, dan seterusnya) yang digunkan untuk menomori halaman judul, halaman bertajuk prakata, daftar isi, daftar tabel, daftar grafik, daftar bagan, daftar skema, daftar singkatan, dan lambang. Angka romawi besar (I, II, III, IV dan seterusnya) digunakan untuk menomori tajuk bab pendahuluan, tajuk bab analisis, dan tajuk bab kesimpulan. Angka arab (1, 2, 3, 4 dan seterusnya) digunakan untuk menomori halaman naskah mulai bab pendahuluan sampai terakhir.

2. Kutipan
Kutipan adalah pinjaman pernyataan atau pendapat dari otoritas atau seseorang, baik melalui ucapan, lisan, maupun yang berasal dari cetakan.
3. Catatan kaki
Catatan kaki merupakan keterangan tambahan tentang suatu istilah atau bahkan tambahan penjelasan data. Catatan kaki dapat pula berupa rujukan yang bukan berupa buku, seperti : hasil wawancara, hasil rekaman, siaran radio, dan sejenisnya.
4. Daftar pustaka
Keberadaan daftar pustaka dapat mencerminkan kualitas karya ilmiah serta kempetensi penulisannya.
Ketentuan penulisan :
a. Disususn menurut abjad dari nama akhir pengarangnya atau lembaga yang menerbitkannya.
b. Setiap pustaka tidak diberi nomor urut
5. Lampiran
6. Indeks
Indeks dapat berupa daftar kata serta istilah yang ada dalam karya ilmiah.Penulisannya didasarkan atas kelompok abjad awal istilah tersebut. Dibelakang istilah diberi tanda koma, dan diberi jarak 1 spasi dicantumkan nomor-nomor halaman tempat istilah tersebut berada. Dalam hal ini indeks dapat bermanfaat bagi pembaca agar dapat dengan cepat mencari kata atau istilah yang dibutuhkan.

DAFTAR PUSTAKA

Rama, Tri. 2001. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Agung
Poernadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka Rosidi, Iman. 2005. Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: CV. Media Pustaka

Agar dapat hasil yang bagus anda bisa Download File Makalah Karya Ilmiah lengkap klik disini

 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: